Buku ini merespons tuntutan dan kebutuhan lembaga pendidikan akan literatur tentang manajemen mutu pendidikan, khususnya pendidikan islam atau madrasah. Madrasah harus dapat menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang mampu bersaing di era global. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai acuan oleh para kepala sekolah/madrasah, mahasiswa yang menempuh studi manajemen pendidikan, dll.
Buku ini mendeskripsikan tentan tata kelola kelembagaan pendidikan islam profesional yang berlandaskan pada nilai nilai profetik nilai humanis, liberasi, dan transendensi). Nilai nilai ini tidak serta merta membingkai dan melandasi pengelolaan kelembagaan pendidikan islam tetapi dalam buku ini penulis menyeruak ke relung terdalam manajemen pendidikan yang memilikin nilai profetik.
Buku ini memuat: - Sejarah - Konsep Dasar - Pengantar Menuju Manajemen Pendidikan Islam yang Terpadu Dr.H. Mirhanuddin, M.Ag. (Dosen UIN Antasari Banjarmasin/Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2008-2013/Ketua Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB)Provinsi Kalimantan Selatan) Saya mengenal penulis buku ini yang memiliki karakter sederhana, dan kesederhanaannya tertuang juga dal…
Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih me…