Buku ini menyajikan berbagai model dan strategi integrasi Islam dan ilmu pengetahuan serta contoh penerapannya, juga terlebih dahulu diajak melihat problematika ilmu pengetahuan dalam Islam, hubungan agama, ilmu dan filsafat, pandangan al-qur'an dan al-Hadist tentang ilmu pengetahuan, tauhid sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan, aspek ontologi (sumber sebagai landasan pengembangan ilm…
Sinopsis Psikologi Pendidikan Islam adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari jiwa manusia dengan berbagai aspeknya berdasarkan ajaran Islam yang terdapat di dalam al-Qur’an, al-Hadis dan pendapat para ulama. Ilmu ini sangat penting dalam merancang konsep pendidikan, terutama yang berkaitan dengan penyusunan kurikulum, bahan ajar dan kegiatan proses belajar mengajar. Munculnya berbagai maca…
Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih me…
Buku ini menyajikan semua substansi di atas dengan kelebihan tertentu, antara lain: Pertama, menjelaskan pengertian, sumber, prinsip, visi, misi, tujuan, sasaran, karateristik, pokok dan macam studi Islam yang diajarkan di berbagai Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang berbasis pada ayat-ayat qauliyah (wahyu), juga menjelaskan hubungan ajaran Islam dengan berbagai disiplin ilmu modern yang b…
Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu Pendidikan Islam yang hakiki. Kondisi ini dapat terjadi karena selain belum terumuskannya ilmu pendidikan Islam secara kukuh, juga belum tersosialisasinya secara baik dan merata dalam masyarakat. Sebagai satu kajian keilmuan, buku ini berupaya membantu para …