Buku ini mendeskripsikan tentan tata kelola kelembagaan pendidikan islam profesional yang berlandaskan pada nilai nilai profetik nilai humanis, liberasi, dan transendensi). Nilai nilai ini tidak serta merta membingkai dan melandasi pengelolaan kelembagaan pendidikan islam tetapi dalam buku ini penulis menyeruak ke relung terdalam manajemen pendidikan yang memilikin nilai profetik.
Kepemimpinan transformasional memiliki peran penting untuk mengembangkan kelembagaan pendidikan. Pun di pesantren, kepe mimpinan ini menempati posisi esensial yang mewarnai seluruh dinamika kependidikan serta mendinamisasikan perubahan, terutama pada situasi yang transisional. Dimensi abstrakta seperti visi dan misi kelembagaan dapat diwujudkan secara konkreta dengan tetap berpijak pada nil…
Pendidikan nasional bertujuan mempersiapkan masyarakat baru yang ideal, masyarakat yang mengerti hak dan kewajiban serta berperan aktif dalam proses pembangunan. Esensi tujuan pendidikan nasional adalah proses menumbuhkan bentuk budaya keilmuan, sosial, ekonomi, dan politik yang lebih baik. Dalam perspektif tertentu harus mengacu pada masa depan yang jelas, yang pada akhirnya terbentuk watak pe…