Kepercayaan konsumen merupakan semua pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen dan semua kesimpulan yang dibuat oleh konsumen mengenai objek. atribut dan manfaatnya. Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan perasaan seseorang terhadap kinerja dari suatu produk atau jasa yang dibandingkan dengan harapannya. Serta loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlanggana…
Kepercayaan (trust) adalah keinginan satu pihak untuk mendapatkan perlakuan dari pihak lainnya dengan harapan bahwa pihak lainnya akan melakukan tindakan penting untuk harapan tersebut, terlepas dari kemampuannya untuk memonitor atau mengontrol pihak lain. Sedangkan loyalitas pelanggan merupakan wujud perilaku pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang …
Buku ini terdiri dari 4 Bab. Bab 1 dimulai dengan prinsip dasar CRM yang terdiri dari konsep, definisi, strategi, proses, jenis, peran serta manfaat CRM. Bab 2 bercerita tentang UMKM khususnya di Indonesia. Dimulai dengan gambaran peraturan/undang-undang UMKM, klasifikasi umum UMKM UMKM, serta perkembangan UMKM di Indonesia. Bab 3 berisi tentang program CRM untuk meningkatkan loyalitas pelangga…
Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Sedangkan kepuasan adalah tanggapan pelanggan atas terpenuhinya kebutuhan yang berarti bahwa penilaian pelanggan atas barang atau jasa memberikan tingkat kenyamanan yang terkait dengan pemenuhan suatu kebutuhan, termasuk pemenuhan kebutuhan yan…
Kualitas Pelayanan adalah ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi (harapan) pelanggan. Sedangkan Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi/kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Stasiun Ke…
Kebutuhan air bersih merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Kebutuhan air bersih pun juga diperlukan oleh masyarakat Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. PDAM Unit Sugio berperan penting untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan air bersih, meliputi penyediaan, pengembangan pelayanan sarana dan prasarana serta distribusi air bersih yang berkualitas. Sebaga…
Pada kondisi dan situasi penuh persaingan peranan harga cenderung meningkat. Salah satu keputusan yang sulit dihadapi suatu perusahaan adalah menetapkan harga Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah harga, dimana persepsi pelanggan bahwa harga yang tinggi mencerminkan kualitas yang tinggi. Harga menjadi sebuah penilaian konsumen tentang perbandingan besarnya pengorbanan de…
Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai evaluasi menyeluruh pelanggan atas kebaikan kinerja suatu jasa. Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan perusahaan atau lembaga supaya mampu bertahan dan tetap mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sedangkan kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dengan harapan. Pe…
Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman lapangan (praktik) yang telah dilakukan selama bertahun-tahun dan disandingkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan bidang ilmu pelayanan. Kajian teori diambil dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran, terutama yang berkaitan dengan perilaku, sikap, dan motivasi manusia. Intinya adalah bagaimana manusia sebagai pelayan (karyawan…