Buku ini disusun berdasarkan kedua dimensi ajaran Islam. Isu-isu pendidikan Islam dikaji dari perspektif Islam normatif, melalui pendekatan Tafsir Tarbawi (Tafsir Pendidikan) yang melibatkan Al-Qur'an dan dilengkapi al-Sunnah.
Paradigma keilmuan yang memisahkan antara ilmu-ilmu agama (Islam) dengan ilmu-ilmu non-agama secara dikotomis, sudah harus ditinggalkan. Buku ini menyajikan konsep lanjutan dari paradigma keilmuan integralistik yang bersifat interdisipliner menjadi keilmuan multidisipliner. Dalam keilmuan multidisipliner, arus perjumpaan antara sains dan sosial yang merupakan konteks dari ilmu-ilmu modern, sert…
Buku ini merupakan tinjauan teoretis dan praktis dengan pendekatan interdisipliner yang merangsang mahasiswa, dosen, serta lembaga- lembaga pendidikan Islam meningkatkan dan memperluas studi mereka. Adapun pokok bahasannya meliputi teori dan pemahaman pendidikan Islam, termasuk metodologi, institusi, pendekatan, materi, metode, tujuan, serta evaluasi dalam pendidikan Islam
Ilmu Pendidikan Islam merupakan suatu disiplin ilmu pendidikan yang mengkaji tentang seluk-beluk nilai edukasi dalam Islam yang bersumber dari Alquran, hadis, dan ijtihad ulama. Konstruksi teori yang ada dalam ilmu ini didasarkan pada nilai-nilai luhur yang terdapat dalam ajaran agama Islam, di antaranya seperti nilai kepatuhan kepada Tuhan dan nilai kemanusiaan. Di dalam buku ini dibahas menge…
Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu Pendidikan Islam yang hakiki. Kondisi ini dapat terjadi karena selain belum terumuskannya ilmu pendidikan Islam secara kukuh, juga belum tersosialisasinya secara baik dan merata dalam masyarakat. Sebagai satu kajian keilmuan, buku ini berupaya membantu para …