Banyak lembaga pendidikan islam hampir mengalami kesulitan mencari pemimpin yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Pemimpin yang dapat menjadikan para guru bersemangat dalam berdedikasi, memberikan suri tauladan bagi warganya, serta mampu memberikan inovasi menerjemahkan proyeksi dan harapan yang tinggi lembaga pendidikannya.
Buku ini merespons tuntutan dan kebutuhan lembaga pendidikan akan literatur tentang manajemen mutu pendidikan, khususnya pendidikan islam atau madrasah. Madrasah harus dapat menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang mampu bersaing di era global. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai acuan oleh para kepala sekolah/madrasah, mahasiswa yang menempuh studi manajemen pendidikan, dll.
Mengelola pendidikan bukanlah persoalan mudah, dibutuhkan pemikiran dan analisis mendalam agar pendidikan yang dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Secara konseptual-filo-sofis pendidikan digali dari identitas, karakteristik dan khazanah budaya yang dimilikinya, sehingga pendidikan yang diterapkan tidak keluar dari akar sejarahnya. Adapun dalam praksis-aplikatifn…
Buku ini mendeskripsikan tentan tata kelola kelembagaan pendidikan islam profesional yang berlandaskan pada nilai nilai profetik nilai humanis, liberasi, dan transendensi). Nilai nilai ini tidak serta merta membingkai dan melandasi pengelolaan kelembagaan pendidikan islam tetapi dalam buku ini penulis menyeruak ke relung terdalam manajemen pendidikan yang memilikin nilai profetik.
Pentingnya manajemen yang efektif dalam organisasi pendidikan semakin banyak mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi akan lebih efektif dalam memberikan pendidikan yang baik pada siswa atau mahasiswanya.