Text
Peran strategi marketing public relation Lembaga Amil Zakat (LAZ) Lembaga Pengembangan Infaq (LPI) Kota Mojokerto dalam mempertahankan loyalitas donatur
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Lembaga Pengembangan Infaq (LPI) Kota Mojokerto merupakan lembaga nirlaba pengelola dana zakat, infaq dan shadaqah Semakin banyak munculnya lembaga serupa yang berkembang di tengah masyarakat menuntut lembaga lebih aktif dan kreatif dalam merancang dan menerapkan strategi untuk menarik minat donatur dan menjaga loyalitas donatur. Strategi marketing public relations berfokus dalam aktifitas pemasaran, tersampaikannya informasi produk kepada donator, menumbuhkan kepercayaan dan menjaga hubungan baik dengan donatur. Dengan berbagai unsur tersebut akan mampu loyalitas donatur.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Subjek penelitian ini adalah para donatur tetap LAZ Lembaga Pengembangan Infaq (LPI) Kota Mojokerto yang sudah dianggap loyal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisi data adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi marketing public relations LAZ Lembaga Pengembangan Infaq (LPI) Kota Mojokerto meliputi kegiatan promosi, periklanan, membuat suatu inovast, event dan sponsorships (2) Strategi marketing public relations berperan penting dalam menipertahankan loyalitas donatur yang terbukti dari data peningkatan jumlah donatur tetap setiap tahunnya dan berbagai kegiatan yang termasuk dalam strategi marketing public relations yang memiliki fungsinya masing-masing berperan dalam mempertahankan loyalitas donatur
Tidak tersedia versi lain