Text
Strategi bauran pemasaran 4P di toko H. Masrur diinjau dari marketing syariah (studi kasus di toko H. Masrur, Purwoasri, Kabupaten Kediri)
Pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lainnya. Dalam merumuskan pemasaran diperlukan strategi strategi yang efektif. Ada 4 (empat) hal pokok dalam strategi bauran pemasaran yang efektif meliputi (Produk. Price, Place Promotion). Toko H. Masrur merupakan toko kelontong yang berada di wilayah Jl. Pahlawan No. 09 Dsn Boyolali, RT 01/RW 01, Wonotengah, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Memasarkan produk barang dan pelayanan jasa transaksi keuangan di toko secara fisik dan secara nonfisik yaitu media sosial dan marketplace.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, karya ilmiah dan dokumen dokumen. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pemilik Toko H. Masrur telah melakukan strategi bauran pemasaran 4P. Dengan menjalankan strategi bauran pemasaran 4P secara efektif, Toko H. Masrur mampu menerapkan prinsip dan kaidah sesuai nilai-nilai dari konsep marketing syariah. Strategi Bauran Pemasaran 4P di Toko H. Masrur merupakan toko kelontong online yang melayani pembelian produk atau jasa lewat marketplace yang sudah berkembang di Kediri. Peneliti membuktikan dengan observasi di toko serupa yang berada di kecamatan Purwoasri, bahwa Toko H. Masrur lebih kreatif dan unggul dalam strategi memasarkan produknya. Toko H. Masrur memiliki daya tawar lebih untuk konsumen sebagai toko kelontong, serta menjawab kebutuhan pasar ditengah perkembangan teknologi yang pesat.
Tidak tersedia versi lain