Text
Korelasi Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dan Self Concept Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama islam & Budi Pekerti Pada Siswa SMP Negeri 2 Kediri
Dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal diperngaruhi oleh faktor eksternal (pola asuh) dan faktor internal (self concept). Tujuan penelitian ini untuk menguji teori dari Baumrind dan Black bahwa pengasuhan authoritative memiliki hubungan posistif dengan prestasi akademik Sedangkan teori tentang self concept dari Green, Geneive Nelson, Martin, dan Marsh bahwa peningkatan self concept akan menyebabkan meningkatnya prestasi akademik yang lebih baik dan peningkatan prestasi belajar akan menyebabkan konsep diri yang baik. Teori yang diungkapkan Asrat Dagnew bahwa pola asuh authoritative, dan konsep diri akademik berpengaruh positif pada prestasi akademik. Serta menjawab pertanyaan tentang seberapa besar korelasi antara pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMP Negeri 2 Kediri, seberapa besar hubungan antara self concept dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMP Negeri 2 Kediri, dan seberapa besar korelasi antara pola asuh orang tua dan self concept dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMP Negeri 2 Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasi sederhana dan korelasi ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket dari pola asuh demokratis orang tua dan self concept, sedangkan variabel y diambil dari nilai Valangan Akhir Semester peserta didik. Populasi dalam pengambilan sampel dari siswa kelas VIII sebanyak 354 diketahui sampel sejumlah 160 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling diambil dari masing-masing kelas secara acak. Sedangkan teknik analisis menggunakan Kendall's tau-b.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kediri dengan hubungan bersifat lemah, kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self concept dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kediri dengan hubungan bersifat lemah, ketiga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua dan self concept dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kediri menunjukkan bahwa konstribusi pola asuh demokratis orang tua dan konsep diri terhadap prestasi belajar sebesar 12,6%
Tidak tersedia versi lain