Text
Strategi Kepala Madrasah dalam Menerapkan Total Quality Management (TQM) di MAN 2 Kediri
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling
berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Dalam melakukan
fungsinya sebagai manajer, kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat
untuk meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana
strategi kepala madrasah dalam mewujudkan kepuasan pelanggan di MAN 2
Kediri, dan 2) bagaimana strategi kepala madrasah dalam melakukan perbaikan
berkesinambungan di MAN 2 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,
1) strategi kepala madrasah dalam mewujudkan kepuasan pelanggan di MAN 2
Kediri, dan 2) strategi kepala madrasah dalam melakukan perbaikan
berkesinambungan di MAN 2 Kediri.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yakni
pengecekan keabsahan data yang memanfaatkan data lain untuk keperluan
pengecekan atau sebagai pembanding data.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa: 1. Strategi kepala madrasah
MAN 2 Kediri untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, yaitu: a. Mengidentifikasi
kebutuhan pelanggan dan menjadikannya acuan dalam penyusunan program kerja,
b. Memberikan pelayanan kepada pelanggan internal yang terdiri dari guru dan
staf, meliputi: 1) melengkapi fasilitas penunjang pekerjaan, 2) menciptakan
hubungan kerja yang mendukung, 3) pemberian reward yang pantas, c.
Memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal yang terdiri dari siswa dan
orang tua siswa, meliputi: 1) memfasilitasi siswa dalam pengembangan diri di
bidang akademik dan non-akademik, 2) melengkapi fasilitas penunjang kegiatan
belajar siswa, 3) memberikan informasi kepada orang tua siswa terkait program
madrasah dan perkembangan belajar putra-putrinya. 2. Strategi kepala madrasah
dalam melaksanakan perbaikan berkesinambungan, yaitu: a. Membentuk tim
khusus yang bertugas pada perbaikan dan mengadakan rapat bulanan terkait plan,
do, check, act (PDCA), b. Pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya
non-manusia.
Tidak tersedia versi lain