Text
Analisis Strategi Penjualan Barang Komoditas di Swalayan Surya Gondang Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah
Strategi penjualan atau pemasaran adalah suatu seleksi sasaran yang menentukan
posisi persaingan dan bauran dalam transaksi jual beli. Dalam strategi yang diterapkan
penjualan atau pemasaran di swalayan dapat dibagi menjadi beberapa bentuk; a) Strategi
Produk, b) Strategi Harga, c) Strategi Distribusi, d) Strategi Promosi. Swalayan Surya
Gondang terdapat dua strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi harga terdapat dalam
penetapan harga yang berupa POP (Pont Of Price) dan berupa strategi promosi terhadap
barang tertentu dengan sistem promo terdapat pada barang komoditas.
Penetapan harga yang berupa POP (Point Of Price) yang terdapat di etalase rak
barang komoditas dimana hal tersebut merupakan kesepakatan harga antara pihak swalayan
dengan konsumen (pelanggan). Sedangkan strategi yang terjadi pada promosi diterapkan
dalamsistem promo dibagi menjadi 10 macam promo (diskon, murah, 3 hari saja, awal bulan,
akhir bulan, home care, beauty fair, kitchen fair, kids and baby fair, dan heboh). Hal tersebut
dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau berbelanja di Swalayan Surya Gondang.
Penelitian yang dilakukan mempunyai sebuah tujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi di Swalayan Surya Gondang dengan menggunakan jenis pendekatan secara langsung
atau lapangan (field research), sedangkan jenis penelitian secara kualitatif. Data yang
diperoleh berupa data primer dan sekunder, sebagaimana yang terdapat dalam metode
pengumpulan data dengan cara wawancara dan telaah dokumentasi. Dalam menganalisis
data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa Swalayan Surya Gondang
mempunyai 2 strategi untuk menarik minat konsumen (pelanggan) yaitu berupa penetapan
harga yang ada pada POP (Point Of Price) tidak sesuai dengan database komputer sehingga
terjadi perubahan lafadz ijab dan qabul. Strategi selanjutnya yaitu berupa promo yang
terdapat pada barang komoditas berupa promo diskon dimana telah ditemukan adanya
ketidak jujuran terhadap barang yang mendapat promo diskon, yang ditemukan penutupan
logo promo pada masa kadaluwarsa yang menyebabkan pihak konsumen (pelanggan) tidak
megetahui kapan masa kadaluwarsa akan habis.
Tidak tersedia versi lain