Text
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Pendidikan tidak hanya terkait dengan bertambahnya ilmu pengetahuan,
namun harus mencakup aspek sikap dan perilaku sehingga dapat menjadikan anak
sebagai manusia yang bertakwa, berilmu, dan berakhlak mulia. Gagasan program
pendidikan karakter di Indonesia muncul terkait dengan tujuan pendidikan
nasional dan melihat kondisi peserta didik pada saat ini yang mengalami degradasi
karakter yang semakin menurun. Banyak pihak yang mengatakan bahwa proses
pendidikan di Indonesia belum berhasil membangun manusia yang berkarakter,
bahkan dapat dikatakan “gagal”. Dengan adanya hal tersebut maka perlunya
penanaman pendidikan karakter terhadap anak. Fokus penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui integrasi kurikulum di SMAN 3
Kediri. 2) Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui penciptaan budaya
sekolah di SMAN 3 Kediri. 3) Bagaimana strategi pendidikan karakter melalui
kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Kediri.
Metode penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini antara lain: hasil
observasi, wawancara terstruktur dari kepala sekolah, bagian kesiswaan, dan
perwakilan guru, beberapa siswa, deskripsi dokumen sekolah, dokumentasi,
sejarah singkat, visi, misi, dan kurikulum. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan
data meliputi meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi,
dan mengadakan member check.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Strategi pendidikan
karakter melalui integrasi kurikulum di SMAN 3 Kediri yaitu melalui silabus &
RPP serta kegiatan pembelajaran. 2) Strategi pendidikan karakter melalui
penciptaan budaya sekolah di SMAN 3 Kediri antara lain: berbusana muslim dan
berpakaian rapi, membudayakan 5S (sopan, santun, senyum, sapa, salam),
membiasakan berperilaku agamis (seperti berdoa, sholat, membaca asmaul husna,
dan infaq Jumat), berwawasan adiwiyata. 3) Strategi pendidikan karakter melalui
kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 3 Kediri yaitu terdapat di semua
ekstrakurikuler, namun terdapat ekstrakurikuler yang lebih menekankan
strateginya kepada pendidikan karakter yaitu BTQ, Pramuka, dan seni melalui
peneladanan akhlak, pembinaan dan nasihat.
Tidak tersedia versi lain