Text
Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sariayu Hijab : Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syari'ah STAIN Kediri Angkatan 2014
Persaingan antara pasar industri perawatan pribadi dan konsmetik semakin kompetitif. Membanjirnya produk-produk perawatan pribadi dan kosmetik di pasaran mempengaruhi minat konsumen yang berdampak pada keputusan pembelian. Salah satu yang sedang gencar dalam persaingan produk perawatan pribadi adalah produk sampo. Bagi konsumen merek dan kualitas menjadi hal utama dalam menentukan pilihan. Dimana merek dan kualitas mampu mewakili perasaan konsumen terhadap manfaat yang akan diterima. Manfaat tersebut mendorong konsumen melakukan pembelian. Sebagai hal nya mahasiswi Ekonomi Syari’ah STAIN Kediri sebagai pengguna sampo Sariayu Hijab. Dengan banyaknya pengguna sampo Sariayu Hijab apakah hal ini disertai dengan pengetahuan mengenai merek dan kualitas. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1)Untuk mengetahui citra merek sampo Sariayu Hijab pada mahasiswi Ekonomi Syari’ah angkatan 2014 STAIN Kediri. 2) Untuk mengetahui kualitas produk sampo Sariayu Hijab pada mahasiswi Ekonomi Syari’ah angkatan 2014 STAIN Kediri. 3) Untuk mengetahui keputusan pembelian produk Sariayu Hijab pada mahasiswi di STAIN Kediri. 4) Untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Sariayu Hijab pada mahasiswi Ekonomi Syari’ah STAIN Kediri angkatan 2014.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 mahasiswi dengan menggunakan sampel 105 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Random Sampling.metode pengumpulan data dengan angket serta analisis data statistik. Analisisi yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 27,212 + 0,207X1 + 0,249X2. Hasil menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh yang lebih besar daripada kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusa pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui bahwa nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,405 atau 40,5%, ini berarti kemampuan variabel bebas (citra merek dan kualitas produk) menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 40,5% sedangkan sisanya sebesar 59,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. faktor lain bisa saja muncul dalam mempengaruhi keputusan pembelian yaitu kepribadian dan konsep diri, sikap serta persepsi.
Tidak tersedia versi lain