Text
Strategi Mudabbir Dalam Memberantas Buta Huruf Hijaiyah Pada Usia 40 Tahun Ke Atas Di Kelas Pretala Institute Quran Of Reading Aplication (Iqra) Sambitan Pakel Tulungagung.
ABSTRAK
ONKKY PROBO PAMBUDIONO, Dosen Pembimbing, Dr. Syamsul Huda, M. Ag. dan Salma Sunaiyah, S. Ag, M. Pd.; Strategi Mudabbir Dalam Memberantas Buta Huruf Hijaiyah Pada Usia 40 Tahun Ke Atas Di Kelas Pretala Institute Quran Of Reading Aplication (Iqra) Sambitan Pakel Tulungagung. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, 2014.
Kata Kunci: Strategi, Memberantas Buta Huruf Hijaiyah, Institute Quran Of Reading Aplication (Iqra)
Al Quran adalah sebagai jalan untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat bagi umat Islam. Mengaji Al Quran merupakan standar pendidikan bagi umat Islam. Namun sayangnya masih banyak orang-orang yang telah berusia dewasa madya yang belum mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar. Banyak sekali strategi yang digunakan untuk memberantas buta huruf hijaiyah, diantaranya strategi yang diterapkankan di Institute Quran Of Reading Aplication (IQRA). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan mudabbir dalam memberantas buta huruf hijaiyah dan sejauh mana keefektifan strategi yang digunakan mudabbir dalam memberantas huruf hijaiyah di Institute Quran Of Reading Aplication (IQRA)
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrument kunci untuk mengungkap makna yang ada. Kata-kata dan tindakan merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Jenis data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.analisa data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian, lalu menarik kesimpulan. Dalam penelitin ini pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tehnik triangulasi dan tahap-tahap penelitin yang ada dalam skripsi ini, yaitu : tahap pra lapangan, tahap pekerjaan, tahap analisis, tahap penulisan laporan.
Dari penelitin ini diperoleh kesimpulan strategi yang digunakan Institute Quran Of Reading Aplication (IQRA) dalam memberantas buta huruf hijaiyah ada tiga yanitu : metode menyanyi, metode jibril atau menirukan bacaan yang dibaca oleh mudabbir dan menghafal huruf yang bentuknya hampir sama. Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, mudabbir mengkondisikan kelas terlebih dahulu. Mereka mengontrol emosi para santri agar merasa nyaman dan santai. Hal ini bertujuan agar selama proses belajar mengajar akan terasa kondusi dan para santri lebih mudah dalam menerima pelajaran yang akan diajarkan. Salah satu metode. Dengan menggunakan strategi ini, terbukti efektif dalam memberantas buta huruf hijaiyah. Para santri dengan cepat mampu membaca Al Quran hanya dalam waktu kurang lebih 3 sampai 4 bulan. Dan tentunya mereka berangkat dari sama sekali tidak bisa membaca huruf hijaiyah.
Tidak tersedia versi lain