Text
Strategi Pengasuh Pondok Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Dusun Sumbersari Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri),
ABSTRAK
MIFTAHUDIN, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag.. dan Ilham Thohari, M.HI.: Strategi Pengasuh Pondok Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Dusun Sumbersari Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014.
Kata Kunci: Strategi, Mutu, Pendidikan Pondok Pesantren.
Peningkatan mutu pendidikan dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan lembaga pendidikan, sehingga dapat dilihat banyak perkembangan kurikulum dan pemberdayaan santri. Adanya kemajuan dan perkembangan di pondok Pesantren Darussalam Sumbersari dalam upaya meningkatkan kualitas santrinya sebagaimana tersebut di atas, tidak lepas dari aplikasi manajemen strategi yang digunakan oleh Pesantren Darussalam Sumbersari desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dalam mengelola pendidikan di lembaganya, sehingga banyak kemajuan yang dicapainya, baik di bidang fisik maupun non fisik. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaiman upaya Pengasuh dan pengurus pondok dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana implementasi manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu; 1) upaya peningkatan mutu pendidikan di pondok pesantren Darussalam Sumbersari, mencangkup: a) peningkatan SDM, b) Kurikulum madrasah sampai pada jenjang perguruan tinggi, c) Sarana dan prasarana, d) Penyetaraan Pendidikan dengan sekolah formal. 2) Implementasi peningkatan mutu di pondok pesantren Darussalam Sumbersari meliputi intensitas kegiatan-kegiatan pembinaan santri selama 24 jam penuh dalam bentuk kegiatan pengajian, jam’iyah serta mujahadah (dzikir bersama) setiap malam jum’at, pengembangan sarana pra sarana penunjang mutu pendidikan, serta peningkatan lembaga pendidikan dengan membuka perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Faqih As’ari (STISFA).
Tidak tersedia versi lain