Buku ini berisi uraian tentang pemetaan pengetahuan. Mulai dari Sain, Filsafat, dan Pengetahuan Mistik; masing-masing dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologinya. Secara khusus pengetahuan mistik mendapat perhatian lebih banyak dari dua pengetahuan lainnya. Alasannya antara lain karena sampai saat ini pengetahuan mistik kurang mendapat perhatian para ahli di perguruan tinggi. Sementara itu,…
Banyak orang yang menganggap filsafat itu sukar. Buku-bukunya pun sukar dibaca, dan lebih sukar lagi untuk dimengerti. Apalagi jika mereka membacanya karena “diwajibkan”. Misalnya karena filsafat merupakan mata kuliah wajib, bukan karena berminat. Benarkah buku-buku (teks) filsafat sukar dimengerti? Banyak benarnya, memang terutama karena bahasanya biasanya berfilsafat juga, yaitu berbelit-…
Prof. Tafsir menggugat pendidikan kita yang masih menghasilkan lulusan yang suka menang sendiri dan memaksakan kehendak, suka narkoba dan tawuran, suka curang dan tidak punya kepekaan sosial, bahkan suka serakah dan korupsi. Padahal itu semua, termasuk koruptor adalah orang yang gagal menjadi manusia sekalipun dia seorang pejabat atau pengusaha sukses. Jadi kegagalan pendidikan bukan hanya t…
buku ini menguraikan cara bagaimana agar pendidikan yang berlangsung senantiasa diwarnai oleh ajaran Islam. Sehingga output pendidikan bukan hanya memiliki akal yang cerdas, tapi juga memiliki hati yang cerdas pula. Buku ini tidak hanya cocok untuk kalangan pendidik, khususnya guru agama di sekolah umum, tapi juga masyarakat luas yang mengharapkan cerdas akal dan cerdas hati..
Bibliografi hlm. 206-208