Kecerdasan emosional di pandang sebagai salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting terhadap prestasi belajar siswa. Apabila kecerdasan emosional siswa tinggi, maka dapat menimbulkan rasa empati, rasa saling menghargai satu sama lain dan kesadaran motivasi diri sendiri dalam proses belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya, bila tingkat kecerdasan emos…
Di MAN 1 Nganjuk, madrasah yang memiliki iklim baik dalam pengelolaan kecerdasan, termasuk kecerdasan emosional yang lebih diperhatikan oleh setiap guru Dengan melibatkan kerja sama antara guru dengan siswa kecerdasan emosional siswa di kelas, maupun di luar kelas dapat teratasi dengan baik. Guru di MAN 1 Nganjuk yang rata-rata memiliki gelar sarjana S2, termasuk kedua guru akidah akhlak kelas …
Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan yang harus diutamakan dalam pembelajaran di taman kanak-kanan. Diindikasikan dengan bermain dengan teman sebaya, bersifat kooperatif dengan teman, dan bertanggung jawab serta peran guru yang variatif dalam proses pembelajaran hingga terjadi proses belajar yang maksimal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kompetensi sosial guru mapel keagamaan melalui kecerdasan emosional. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus Path Analysis, karena penelitian ini menggambarkan tiga variabel. Penelitian ini mengambil seluruh populasi guru mapel keagamaan yaitu berjumlah 25 guru. Kecerdas…
Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari kegiatan belajar. Belajar diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan Belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan yang terjadi, perlu adanya penilaian. Begitu juga dengan pendidikan selalu diadakan penilaian dari …
Kecerdasan emosional dan spiritual penting untuk dikembangkan dalam rangka mewujudkan nilai dan perilaku (akhlak) yang baik bagi siswa. Pada prinsipnya di dalam dunia pendidikan, dalam proses pembelajaran seorang guru seharusnya tidak hanya mementingkan kecerdasan IQ saja pada siswa, tetapi juga memperhatikan, menumbuhkan serta mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) pada siswa. …