NIM:931301202
Buku ini berisi beberapa hasil penelitian dari akademisi mengenai UMKM, terutama terkait strategi pemasaran dan pandemi covid-19. UMKM merupakan salah satu yang terdampak efek pandemi covid-19. Hal ini dikarenakan kebijakan phsycal distancing dan pembatasan kegiatan di luar rumah sebagai pencegahan utama covid-19.
Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, menjadi pengusaha merupakan sebuah impian besar. Hal itu tidak terlepas dari ramainya media massa yang mewartakan betapa pentingnya menjadi pengusaha demi kemajuan bangsa ini. Dengan didukung seminar-seminar wirausaha yang semakin menjamur, demam entrepreneurship pun mulai melanda, namun menjadi pengusaha ternyata sama sekali tidak mudah.Terkait deng…
Mengelola UKM itu sama seperti mengelola anak sendiri. Di awal-awal mesti ditimang-timang, ditimbang-timbang, lalu mesti dibiarkan berjalan sendiri, meski tetap diawasi, supaya ketika jalan sempoyongan tidak sampai jatuh. Kalaupun jatuh, bisa kembali diangkat berdiri. Diarahkan supaya tidak melenceng ke mana-mana, didisiplin supaya uang jajan tidak diboros-boroskan, dipakai cuma buat senang-sen…
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu aktor ekonomi yang penting di Indonesia. Karena jumlahnya yang signifikan dan menyerap tenaga kerja yang luar biasa banyaknya. Keberadaannya menarik untuk dikaji disetiap tahap perjalanan pembangunan ekonomi bangsa. Sejak kelahirannya yang menjadi konsep pemikiran para founding fathers, hingga peranannya dalam penciptaan kesejahteraan bang…
Saatnya pekerja atau karyawan tetap suatu perusahaan menikmati hasil usaha sendiri. Penghasilan yang diterima dari perusahaan tidak selalu sesuai dengan keinginan karyawan. Padahal para karyawan mendapat tekanan pekerjaan, ketidakjelasan akan jenjang karier, kuatnya budaya like and dislike, koneksitas, tuntutan akan loyalitas yang berlebihan, dan kondisi lain yang terkadang jauh dari kata work …