Pembelajaran berbasis blended learning mulai dibahas dalam dunia pembelajaran di Amerika sejak tahun 2013-an dan dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa sampai awal abad ke-20 pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan menggunakan sumber belajar guru dan dosen sebagai aktor utama sumber belajar bagi siswa dan mahasiswa. Sejak ditemukannya teknologi cetak, sumber belajar sudah dimuat dalam bentuk b…
Tenaga pengajar, guru, mentor, dosen dan pelatih merupakan mediator utama dalam proses transformasi pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut dapat lebih dinamis dan akan mencapai sasaran yang diinginkan jika ditambahkan alat bantu atau media lain, seperti media audio-visual, cetak, proyektor, film, permainan, dan lain sebagainya. Levie dan Levie menyimpulkan bahwa stimulus visual membuahkan h…
Buku Modul Hypercontent Teknologi Kinerja (Performance Technology) ini merupakan materi kuliah teknologi kinerja yang terbagi dalam prinsip dasar, intervensi pembelajaran, dan intervensi keorganisasian. Buku ini bertujuan untuk mengajarkan kepada mahasiswa agar memiliki pola berpikir yang tetap berada dalam jalur yang tepat dan memiliki gambaran profesi yang akan dipilih ketika sudah lulus.
Penggunaan media sebagai sarana untuk memperoleh informasi dan pengetahuan berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Media yang digunakan untuk aktivitas pertukaran informasi dan pengetahuan banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Sebagai sumber informasi dan pengetahuan, penggunaan media dan teknologi telah memberikan keuntungan yang signifikan bagi penggunanya. Buku ini akan …
Inovasi pendidikan merupakan kebutuhan primer dalam konteks aplikasi dari ilmu Teknologi Pembelajaran Khususnya yang berbasis ICT. Melalui buku ini penulis ingin mewujudkan ide-ide inovatif yang dimiliki menjadi suatu kenyataan, yaitu diwujudkan dalam bentuknya produk nyata yang berkarakter Teknologi Pembelajaran Berbasis ICT. Dalam hal ini, penulis mencoba memberikan nuansa baru, terutama dala…
Tulisan dalam buku ini merupakan pilihan dari 600 karya ilmiah sepanjang pengabdian hidup penulis. Dengan tiga puluh tahun pengalman merintis, membangun, mengenalkan dan mengembangkan teknologi pendidikan, rangkaian tulisan yang ada dalam buku ini menghadirkan berbagai aspek teknologi pendidikan sebagai sebuah disiplin keilmuan yang independen, mulai teori hingga aplikasi, dan yang paling penti…