Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang diberikan oleh persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah secara parsial (sendiri-sendiri) terhadap kinerja guru, ada atau tidaknyapengaruh yang diberikan oleh motivasi kerja secara parsial (sendiri-sendiri) terhadap kinerja guru, dan ada atau tidaknya pengaruh yang diberikan oleh persepsi guru pada supervisi ak…
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui: 1) hubungan persepsi guru pada supervise kepalaa madrasah dengan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul falaah Kota Kediri; 2) hubungan pengalaman guru dengan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul falaah Kota Kediri; 3) hubungan antara persepsi guru pada supervisi kepala madrasah dan pengalaman guru dengan kompetensi pedagogik guru di MI…
Guru PAI di SMK merupakan personil yang menduduki posisi strategis dalam rangka menciptakan output yang sholeh intelektual dan soleh sosial, maka guru terus dituntut untuk terus mengikuti perkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pembelajaran. inovasi riil dilakukan guna merealisasikan cita-cita tersebut salah satunya dengan membentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI (MGMP PAI SMK). Ruh dem…
Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam. Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas adal…
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan pengalaman guru, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru MI Nurul Huda Kota Kediri. Hipotesis penelitian ialah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap kinerja guru MI Nurul Huda Kota Kediri (2) Terdapat Pengaruh…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pelaksanaan supervisi classroom visitation dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data mengunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi, validitas data dengan triangulasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedoman…
Supervisi atau pengawasan pendidikan merupakan aktivitas pembinaan yang sistematis berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan. Eksistensinya diperlukan tidak hanya untuk membimbing, membantu, dan membina guru dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kinerja dalam pengelolaan pembelajaran, tetapi juga sebagai antarwarga sekolah sehing…
Salah satu penyebab munculnya masalah dalam pendidikan adalah praktik mengajar yang lebih memfokuskan pada penguasaan materi daripada membekali siswa dari sudut kompetensi. Padahal secara teoritis pendidikan adalah membimbing anak lewat pengajaran sehingga mereka memiliki kompetensi sesuai dengan bakat masing – masing. Untuk meningkatkan peran guru agar lebih maksimal maka diperluka…
Bibliografi hlm. 357