Semua masyarakat di Indonesia berhak memperoleh pendidikan tanpa memandang tingkat strata sosial yang ada. Fakta yang terjadi seakan-akan orang miskin didiskriminasi dalam mengenyam pendidikan. Baik di tempat pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun sekolah negeri yang mana tempat pendidikan tersebut didanai oleh pemerintah sendiri. Ternyata sekolah yang diselenggarakan dan didana…
Mutu terus bergerak dan berubah. Spesifikasi dan kualifikasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, prinsip kompetensi berbasis mutu dan kompetensi perlu terus dibuka untuk semua. Spesifikasi mutu dan kualifikasi kompetensi dalam konpetisi, adalah suatu yang tidak bisa dikompromikan. Apa yang dulu bermutu sekarang sudah tertinggal, bahkan dianggap usang dan tidak bermutu. Berkompromi dengan mut…
Buku yang disusun atau ditulis ini merupakan kumpulan bahan ajar matakuliah landasan pendidikan dan perenungan mendalam secara kritis tentang kegiatan pendidikan selama ini serta bagaimana output danoutcome pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Oleh karena isi buku ini merupakan pengembangan dari kumpulan bahan ajar yang sudah lama, maka sudah tentu ada kutipan langsung dan tidak langsung dari s…
Buku ini difokuskan pada sejarah pendidikan Indonesia 1892 - 1920. Mengapa periode ini yang diangkat? Dikarenakan periode ini merupakan periode yang paling menarik sepanjang sejarah perkembangan pendidikan. Pada masa inilah terbentuk suatu sistem pendidikan yang lengkap, yang memungkinkan anak Indonesia belajar dari tingkat rendah sampai tingkat yang paling tinggi, walaupun haras ditempuh den…