Filsafat pendidikan tidak lain bertujuan mengantarkan para guru dan para praktisi pendidikan untuk berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan besar yang mendasari makna dan tujuan pendidikan. Untuk itu, mereka mesti akrab dengan isu-isu semisal hakikat realitas, makna dan sumber pengetahuan, serta struktur nilai. Filsafat pendidikan membawa para pelajar pada situasi ketika mereka secara cerdas…
Pendidikan adalah isu yang urgen dalam masyarakat kita. Melalui pendidikan, manusia dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada generasi penerusnya. Pendidikan pulalah yang akan menjamin keberlangsungan kebudayaan dan peradaban manusia di muka bumi ini. Namun, pada praktiknya proses pendidikan ternyata tidak selalu mulus dan mudah. Bagaimana jika pendidikan ditumpangi kepentingan te…
Pendidikan adalah proses bagi seorang anak manusia untuk menemukan hal yang paling penting dalam kehidupan, yakni terbebas dari segala hal yang mengekang kemanusiaannya. Oleh karena itu, pendidikan semestinya membebaskan peserta didik dari segala macam penindasan; apa pun bentuknya. Pendidikan yang membebaskan bukanlah guru yang selalu saja menjadi subjek, sedangkan murid menjadi objeknya. Buka…
Bibl.hlm.:217-218
Siapapun bisa mengajar. tapi tidak semua orang bisa menjadi guru. Guru adalah profesi mulia yang dididik secara khusus. Itu sebabnya guru menjadi panutan masyarakat. digugu dan ditiru oleh anak didiknya. Dengan demikian. guru menjadi sosok yang sangat beribawa dalam mencerdaskan bangsanya. Itu semua tidak didapat dengan mudah. Ada caranya. ada ilmunya namanya ilmu pendidikan. Menjadi guru tidak…
Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu dasar seperti psikologi, antropologi, sosiologi, dan bahkan matematika. Namun, semua itu harus dibingkai dan diuji koherensinya dengan filsafat dan filsa…
Pendidikan adalah bidang yang tidak berdiri sendiri, namun ia terkait dengan berbagai bidang lainnya. Untuk itu, penulis menulis buku ini dengan tujuan agar para pembaca memiliki wawasan yang luas tentang dunia pendidikan, mengerti bahwa pendidikan terkait dengan ilmu-ilmu lain, dan pendidikan juga berkaitan dengan kebijakan-kebijakan lain diluar, bidang lependidikan seperti ideologi, politik, …