Buku ini terdiri dari enam bab yang dimulai dari uraian tentang pentingnya metode penyetaraan atau equating dalam memantau perkembangan kemampuan kognitif siswa dalam suatu program pendidikan, dilanjutkan pembahasan tentang pengukuran pendidikan, konstruksi tes, konsep validitas dan reliabilitas, metode penyetaraan dan contoh pengaplikasian metode penyetaraan dalam mengestimasi perkembangan kog…
Salah satu pendekatan penelitian yang menatik untuk dikaji adalam pendekatan kualitatif khususnya jenis fenomenologi. Jenis penelitian ini menarik karena berupaya mengkaji pengalaman dan fenomena dibalik apa yang tampak. Berbeda dengan penelitian kuantitatif, penelitian fenomenologi menarika karena peneliti berada diposisi insider yang harus berinteraksi dengan sumber data. Jenis penelitian ini…
Buku ini terdiri atas 16 bab. Bab pertama mencakup pengetahuan yang melandasi tentang penelitian secara umum. Pada bab dua sampai bab delapan membahas tentang teori dan aplikasi dari metode penelitian secara operasional, dengan tujuan agar para pembaca memperoleh gambaran teori dan praktis penelitian, juga dapat menilai proposal maupun laporan penelitian secara benar. Bab sembilan dan sepuluh m…
Pendidikan formal memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memenuhi tujuan- tujuan pendidikan. Pemerintah sebagai pihak yang paling bertanggung jawab pun menyadari tanggung jawab tersebut. Hal ini ditandai dengan adanya kebijakan- kebijakan yang selalu mengupayakan ke arah perbaikan. Salah satu kebijakan berkenaan dengan aspek guru, mulai dari kesejahteraan sampai profesionalitas. Dalam kontek…
Riset pendidikan merupakan aplikasi metodologi riset dalam bidang pendidikan dengan tujuan memperoleh temuan dalam bidang pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan ilmiah, serta dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan keilmuan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. Melalui buku ini, akan dibahas berbagai aspek yang terkait dengan metodologi dan aplikasinya dalam …
Mahasiswa dan para praktisi pendidikan tentunya harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan, salah satunya melalui karya tulis ilimiah (penelitian) sebagai bentuk tanggung jawab akademis dan tanggung jawab profesional. Mahasiswa juga dapat memenuhi tuntutan akademis dalam menyelesaikan perkuliahannya, sedangkan bagi praktisi pendidikan dapat memenuhi tuntutan administratif untuk pen…