Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI di MAN I Kota Kediri serta mengetahui Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI di MAN I Kota Kediri. Hal ini dapat diketahui bahwa, tinggi rendahnya mutu pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran dan keberhasilan suatu lembaga pendidikan …
Dalam proses pendidikan sekolah Islam, terdapat banyak pihak yang memiliki peran penting seperti diantaranya, kepala madrasah, guru, dan murid. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang berlangsung di madrasah Kepala madrasah bertindak sebagai pemimpin lembaga madrasah.Dalamperannya. salahsatuperankepala madrasah adalahsebagai supervisor dalam rangka menjaga mutu pe…
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui: 1) hubungan persepsi guru pada supervise kepalaa madrasah dengan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul falaah Kota Kediri; 2) hubungan pengalaman guru dengan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul falaah Kota Kediri; 3) hubungan antara persepsi guru pada supervisi kepala madrasah dan pengalaman guru dengan kompetensi pedagogik guru di MI…
Guru PAI di SMK merupakan personil yang menduduki posisi strategis dalam rangka menciptakan output yang sholeh intelektual dan soleh sosial, maka guru terus dituntut untuk terus mengikuti perkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pembelajaran. inovasi riil dilakukan guna merealisasikan cita-cita tersebut salah satunya dengan membentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI (MGMP PAI SMK). Ruh dem…
Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan potensi siswa, potenal siswa dapat terbentuk dengan banyak belajar, siswa membutuhkan motivan belajar yang tinggi untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya Gura mempunyai peranan yang besar dalam pengembangan potensi siswa, maka dibutuhkan guru yang kompeten Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang komp…
Kinerja guru merupakan kompetensi dan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kompetensi. Dalam penelitian ini kompetensi yang diteliti adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman siswa dan pengelolaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. kompetensi pro…
Buku ini menjelaskan bagaimana cara guru menghadapi era disdrupsi , Di zaman sekarang, setidaknya guru dihadapkan pada dua tantangan sekaligus, yakin perubahan karakteristik peserta didik dan perbaikan system pendidikan yang cenderung parsial. Bagaimanapun juga, guru memang harus berbenah. Hal yang paling krusial adalah membekali diri untuk menghadapi disrupsi (gangguan) di era digital. Lewat b…
Kecerdasan emosional dan spiritual penting untuk dikembangkan dalam rangka mewujudkan nilai dan perilaku (akhlak) yang baik bagi siswa. Pada prinsipnya di dalam dunia pendidikan, dalam proses pembelajaran seorang guru seharusnya tidak hanya mementingkan kecerdasan IQ saja pada siswa, tetapi juga memperhatikan, menumbuhkan serta mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) pada siswa. …
Idealisme menjadi guru yang professional syaratnya harus memiliki empat kompetensi, kompetensi tersebut meliputi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui bangku perkuliahan. Peran dosen micro teaching berusaha menjelaskan dan juga menanamkan kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dosen micro te…