Dalam menghadapi kenyataan yang serba tanggung bahwa output madrasah pengetahuan agamanya tidak mendalam dan pengetahuan umumnya juga rendah, maka MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri melakukan sebuah terobosan yaitu mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui: 1) Bagaimana kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kedi…
Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan dibutuhkan dalam menunjang proses pembelajaran dan mengetahui hasil belajar tersebut, dalam penelitian ini evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 mengetahui tentang bagaimana penilaian ranah afektif pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 2 ngadiluwih dilanjutkan…
Sejak kemerdekaan 1945, Indonesia telah mengalami sebelas kali perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum antara lain bertujuan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan masyarakat. Namun, setiap kali perubahan kurikulum dilakukan, selalu saja ada berbagai macam pro dan kontra yang menyangkut isi, kemasan kurikulum maupun kesiapan guru-guru dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan un…
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi untuk memperkuat proses pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dan penilaian autentik. Kurikulum ini secara tidak langsung menuntut guru dan calon guru untuk mampu mengembangkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang tepat. sehubungan dengan hal tersebut, buku ini hadir sebagai acuan dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa dan ter…