Penelitin dengan objek objek integrasi kurikulum sekolah dan pesantren ini oleh ketidakmampuan sekolah formal untuk mencetak peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. Disisi lain pendidikan di Indonesia menghadapi empat tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, eskalasi konflik dan stigma keter keterpurukan bangsa Solusi dari masalah ini …
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang dengan pendekatan logic. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana evaluasi masukan kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang, (2) Bagaimana evaluasi proses kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang, (3) Bagaimana evaluasi output/produk kurikulum di MA Terpadu Ka…
Penelitin dengan objek Penerapan kurikulum Madrasah Tsanawiyah pada Kabupaten Jombangini dilatarbelakangi oleh bergantinya Kurikulum KMA 165 ke 183 dan 184, dimana ada beberapa metode maupun kompetensi yang agaknya dirubah seiring dengan perkembangan zaman. Selain tu dalam metode penerapan tersebut masih terjadi beberapa konflik tentang perbedaan implementasi antara KMA 165 dengan KMA 183 dan 1…
TIDAK DILAYANKAN OFFLINE, cek di etheses.iainkediri.ac.id, hubungi BAGIAN REPOSITORY untuk info lebih lanjut.
Kurikulum muatan lokal adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang ditetapkan oleh lembaga sesuai dengan keadaan dan kebutuhan lembaga masing-masing. Fenomena yang terjadi pada generasi milineal sekarang karakter religiusnya menurun dikarenakan pengaruh bebasnya mengakses apap…
NIM:932102001, TAR/PAI/2007
NIM:932101303
Dalam suatu lembaga pendidikan kurikulum merupakan sebuah komponen yang dianggap sangat penting bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Di Indonesia dalam mengiringi perjalanan pendidikan yang ada, terdapat dua macam kurukulum yaitu kurikulum inti dan kurikulum muatan lokal. Kurikulum muatan lokal tibul ketika kurikulum inti sudah dirasa tidak lagi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masyaraka…
Pendidikan pada hakikatnya upaya untuk membantu subjek didik agar berkembang manjadi sosok manusia yang potensial secara intelektual melalui proses transfer of knowledge dan potensial secara emosional dan spiritual melalui proses transfer of values yang terkandung di dalamnya. Namun pada realitanya mayoritas proses pendidikan di sekolah selama ini lebih dominan intelektualitas (kognitif oriente…