Keputusan pembelian sayuran hidroponik dipengaruhi oleh kelompok referensi dan persepsi konsumen. Sayuran hidroponik merupakan sayuran yang ditanam dengan teknik tanpa mengunakan tanah sebagai media tanamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelompok referensi, persepsi konsumen dan keputusan pembelian sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh kelompok…
Kelompok referensi merupakan sekelompok orang atau individu yang dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku seseorang, baik dalam hal pemutusan pembelian atau pemilihan suatu produk. Peserta posyandu merupakan kelompok referensi yang tergolong dalam referensi kelompok sosial formal Posyandu Balita merupakan salah satu bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) yang dilaksanakan ole…
Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor kelompok referensi dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok referensi, gaya hidup dan keputusan pembelian mahasiswi prodi ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2016 pada lipstik wardah. Serta pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian lipstik wardah pada mahasiswi prodi ekonomi syariah IAI…
Keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan untuk pembeli dimana konsumen benar-benar membeli. Dengan demikian keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kelompok referensi. Kelompok referensi adalah kelompok yang menjadi ukuran seseorang membentuk kepribadian perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok referensi dan keputusan…
Persepsi merupakan proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan, dan menginterprestasikan informasi guna membentuk gambaran berarti mengenai dunia. Kelompok referensi dapat diartikan sebagai kelompok-kelompok yang mempunyai pengaruh langsung atau pengaruh tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Keduanya dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada suatu produk atau ja…
Kelompok referensi akan memberikan standar dan nilai yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Dalam perspektif pemasaran, kelompok referensi adalah kelompok yang berfungsi sebagai referensi bagi seseorang dalam keputusan pembelian dan konsumsi. Pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian timbul karena adanya kebutuhan dan keinginan untuk memiliki suatu produk barang atau jasa. Pe…