Proses pembelajaran merupakan salah satu hal yang mempengaruhi hasil pembelajaran. Pembelajaran yang baik yang mampu mengaktifkan siswa. Namun dalam penelitian ini ditemukan permasalahan dalam pembelajaran diantaranya guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di…
Metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran.Jigsaw adalah teknik pembelajaran aktif yang biasa digunakan karena teknik ini mempertahankan tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi. Tujuan dari jigsaw ini adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai p…
Metode pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah cara mengajar guru atau model pembelajrana yang m…
ABSTRAK ELLY ERMAWATI, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M.Psi dan Imron Muzakki, M.Psi : Implementasi metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Kediri tahun pelajaran 2013/2014, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata Kunci : Jigsaw, Prestasi, Fiqih. Dalam pembelajaran yang menggunakan metode t…