Penelitin dengan objek objek integrasi kurikulum sekolah dan pesantren ini oleh ketidakmampuan sekolah formal untuk mencetak peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. Disisi lain pendidikan di Indonesia menghadapi empat tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, eskalasi konflik dan stigma keter keterpurukan bangsa Solusi dari masalah ini …
Fenomena dikotomi bidang keilmuan yakni antroposentris dan teosentris menjadi fakta sejarah. Pendidikan antroposentris penting untuk pembinaan dan kepribadian anak. Sedangkan pendidikan teosentris juga dibutuhkan untuk melengkapi pengetahuannya. Keberadaannya dianggap sebagai pelengkap, sehingga umat Islam menjadi lebih berkembang maju. Integrasi materi PAI dalam ilmu-ilmu rasional dapat menjad…
This research is about the use of EGRA to improve students' grammar mastery. The previous problems are faced by the students in SMAN 1 Papar. The students who have low score in English test are mostly coming from the tenth students. They found difficulties in understanding grammar particularly simple past tense and present perfect tense. The objective of Egra technique is to know the improvemen…
Pendidikan pada hakikatnya upaya untuk membantu subjek didik agar berkembang manjadi sosok manusia yang potensial secara intelektual melalui proses transfer of knowledge dan potensial secara emosional dan spiritual melalui proses transfer of values yang terkandung di dalamnya. Namun pada realitanya mayoritas proses pendidikan di sekolah selama ini lebih dominan intelektualitas (kognitif oriente…
Salah satu di antara upaya untuk menyatukan dikotomi dua sistem kurikulum pendidikan, pendidikan umum yang diwakili sekolah dan pendidikan Islam yang diwakili pesantren adalah integrasi kurikulum. SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang telah mencoba memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum Pondok Pesantren. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kelemahan-kelemahan sebagai aki…
Dalam menghadapi kenyataan yang serba tanggung bahwa output madrasah pengetahuan agamanya tidak mendalam dan pengetahuan umumnya juga rendah, maka MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri melakukan sebuah terobosan yaitu mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui: 1) Bagaimana kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kedi…