Text
IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII-3 MTS.N TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN 2015/2016
Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan
dalam prosesbelajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Fikih untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode
baru, yaitu metode Index Card Match yang merupakan suatu proses belajar yang
menyenangkan dan menuntut guru untuk menciptakan suatu strategi baru yang
membutuhkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar yang nantinya
akan membuat siswa lebih tertarik dan memudahkan siswa dalam memahami
materi yang disampaikan. Peneliti ingin mengetahui dampak dari penerapan
metode Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun
fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode Index
Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih
di kelas VII-3 MTs.N Tanjunganom Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016? 2)
Apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas VII-3 MTs.N Tanjunganom Nganjuk
tahun pelajaran 2015/2016?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research), dengan jenis metode kolaboratif. Pelaksanaan PTK
ini dilakukan melalui beberapa siklus. Secara sistematis, tindakanya melalui
persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penulis
menggunakan metode pre-tes dan post-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian dilakukan melalui
beberapa tahap yaitu kegiatan pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Padasiklus I dan II
dilaksanakan selama 4 kali pertemuan (dua pertemuan pada siklus I dan dua
pertemuan pada siklus II). Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) metode Index Card Match dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-3 di MTs.N Tanjunganom
Nganjuk. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai hasil tes prestasi belajar siswa
yaitu : a) Hasil tes prestasi belajar siswa kelas VII-3 sebelum penerapan Index
Card Match dengan nilai jumlah rata-rata 45,45% b) Hasil tes prestasi belajar
siswa kelas VII-3 pada siklus I dengan nilai jumlah rata-rata 50,00% .c) Hasil tes
restasi belajar siswa kelas VII-3 pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,18%.
Tidak tersedia versi lain