Text
Studi komparasi metode jigsaw dan resitasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas X MAN Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
AHMAD MUDA’I. Dosen Pembimbing. Moh.Irfan Burhani, M. Psi dan Ninik Zuroidah, M. Si: Studi komparasi metode jigsaw dan resitasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas X MAN Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci: Studi komparasi, Prestasi belajar,Metode jigsaw, metode resitasi.
Prestasi belajar merupakan indikator yang penting dalam mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap prestasi adalah metode pengajaran. Metode yang sering digunakan adalah metode jigsaw dan metode resitasi. Prestasi belajar antara siswa yang menggunakan metode jigsaw dan metode resitasi belum tentu sama di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian prestasi belajar antara metode jigsaw dan resitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode jigsaw dengan siswa yang menggunakan metode resitasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian komparasi atau perbedaan. Dari populasi sebanyak 107 siswa diambil sampel sejumlah 67 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik ramdom sampling. Intrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis uji hipotesis yang digunakan adalah teknik uji t-test.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode jigsaw mendapatkan rata-rata 95.2857 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode resitasi mendapatkan rata-rata 93.4375 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji statistik (uji hipotesis) menunjukkan tidak ada perbedaan prestasi belajar antara metode jigsaw dengan metode resitasi. Dimana nilai t hitung sebesar -1,217 berada di bawah atau lebih kecil dari nilai t tabel dalam taraf signifikasi 5% sebesar 1,669 dan 1% sebesar 2.385. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima.
Tidak tersedia versi lain