Text
KTSP : pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
KTSP merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 atau yang dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Buku KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual ini berisi pokok-pokok materi penting yang pada dasarnya menerjemahkan konsepsi KTSP yang berorientasi pada pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Buku ini sangat tepat untuk dijadikan salah satu referensi karena di dalamnya tidak hanya memberikan kajian teoretis, tetapi juga memberikan contoh-contoh aplikasi yang memudahkan Anda dalam menyelami pokok-pokok materinya. Keterkaitan antara satu bahasan dengan bahasan lainnya dijelaskan dengan gaya bahasa yang sederhana tanpa menghilangkan nilai esensinya, menjadikan buku ini sangat mudah dipahami. Tingkatkan profesionalisme Anda sebagai guru, pengawas dan penilik sekolah, kepala sekolah, pembina dan pengembang kurikulum, dan pengembang program dan pengembang tes dengan mamahami konsep-konsep aktual di bidang pendidikan. Daftar Isi BAB 1 PENDAHULUAN A. Mengapa Buku Ini Disusun? B. Buku ini penting bagi Siapa? C. Apa Tujuan Penyusunan Buku ini? BAB 2 DASAR-DASAR PEMAHAMAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI A. Mengapa Pembelajaran Berbasis Kompetensi? B. Apa Perbedaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) itu? C. Bagaimana Sosok Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)? D. Bagaimana Sosok Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)? BAB 3 DASAR-DASAR PEMAHAMAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL A. Mengapa Perlu Pembelajaran Kontekstual? B. Apa Pembelajaran Kontekstual itu? C. Bagaimana Startegi Pembelajaran Kontekstual? BAB 4 PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASISI KOMPETENSI DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL A. Apa Itu Perencanaan Pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)? B. Apa saja Langkah yang Patut Dilakukan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)? C. Bagaimana Format RPP? BAB 5 PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL A. Bagaimana Mengelola Ruang Kelas atau Tempat Belajar? B. bagaimana Mengelola Siswa? C. Bagaimna Mengelola Kegiatan Pembelajaran? D. Bagaimana Mengelola ISsi Pembelajaran E. Bagaiman Mengelola Sumber Belajar? BAB 6 PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL A. Apa Itu Penilaian Berbasis Kelas (PBK)? B. Apa Itu Penilaian Kinerja (Performance)? C. Apa Itu Penilaia Penugasan (Proyek/Project)? D. Apa Itu Penilaian Hasil Kerja (Produk/Product)? E. Apa Itu Penilaian Tes Tertulis (Paper & Pen) F. Apa Itu Penilaian Portofolio? G. Apa Itu Penilaian Sikap? DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN-LAMPIRAN PROFIL PENULIS