Text
Implementasi marketing mix pada bakpao Mega Jaya Kota Kediri ditinjau dari syariah marketing
Untuk mencapai keberhasilan pemasaran produk yang akan dipasarkan perlu memperhtikan bauran pemasaran (marketing mix), di mana bauran pemasaran (marketing mix) tersebut mempunyai empat variabel yaitu penawaran produk, strategi harga, penggunaan promosi, dan saluran distribusi/ lokasi yang dapat dikoordinasikan dan dikendalikan seefektif dan seefisien mungkin. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Marketing Mix pada Bakpao Mega Jaya? 2) Bagaimana implementasi Marketing Mix pada Bakpao Mega Jaya ditinjau dari Syariah Marketing?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Home insudtri Bakpao Mega Jaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Analisis dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama, implementasi marketing mix pada Bakpao Mega Jaya, seperti produk dalam pemilihan bahannya, menggunakan kualitas super, tidak menggunakan bahan pengawet atau kimia, proses produksi bersih dan aman serta mempunyai banyak varian rasa, harga dapat dijangkau semua kalangan dan sesuai dengan harga pasar, promosi yang diterapkan yaitu menggunakan rekaman suara dengan kata-kata yang baik, mengikuti event kuliner seperti KKR (kuliner Kediri raya),dan media sosial (facebook) Pendistribusian produk secara langsung atau jemput bola dan lokasi pemasaran produk yang baik dan mudah dijangkau. Sedangakan kedua, menurut persepektif Syurt'ah Marketing pemasaran yang dilakukan oleh Bakpao Mega Jaya belum sepenuhnya terpenuhi karena dalam pembagian wilayah atau lokasi penjualan belum terorganisirnya sehingga terjadi sering terjadi perselisihan antar pedagang Bakpao Mega Jaya.
Tidak tersedia versi lain