Text
Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MAN 1 Kota Kediri
Kepemimpinan visioner merupakan tipe kepemimpinan yang paling efektif dalam menghadapi tantangan perubahan yang terjadi di era globalisasi yang sarat dengan perubahan. Kepala sekolah yang visioner juga harus mampu mengorganisasikan serta membimbing bawahan Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memimpin bawahannya dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya sebagai seorang pendidik. Dengan memahami kepemimpinan visioner akan dapat meningkatkan pemahaman seorang kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah terhadap sendiri, serta dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya dan dapat meningkatkan pemahaman tentang bagaimana seharusnya memperlakukan bawahannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data langsung dari kuisioner yang dibagikan kepada para guru PNS MAN 1 Kota Kediri, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan metode berupa analisis regresi.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa hasilnya kepemimpinan visioner kepala sekolah di MAN 1 Kota Kediri menunjukan bahwa sample yang diambil 52 orang, diperoleh rerata sebesar 35.78, median 36.00, modus 36, dan standart deviasi sebesar 2.73. profesionalisme guru MAN 1 Kota Kediri, diperoleh rerata sebesar 40.83, median 40.00, modus 40, dan standart deviasi sebesar 3.44. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan terdapat pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MAN I Kota Kediri. Pengaruh tersebut sebesar 0.566, yang dapat diartikan bahwa setiap penambahan kepemimpinan visioner kepala sekolah (X), maka profesionalisme guru (Y) akan meningkat sebanyak 0.566.
Tidak tersedia versi lain