Text
Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis etnomatematika pada bangun ruang sisi datar kelas VIII
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari pengembangan ini yakni meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi serta evaluasi. dalam ini adalah siswa MTs Al Muwazanah kelas VIII sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, angket respon pendidik (guru) serta angket peserta didik. Hasil validasi oleh ahli media mendapat skor rata-rata 4 dengan prosentase sebesar 80% berkriteria valid, ahli materi mendapat skor rata- rata 4,2 dengan prosentase sebesar 83,5% berkriteria valid, ahli bahasa mendapat skor rata-rata 3,9 dengan prosentase sebesar 77,8% berkriteria valid, angket respon pendidik mendapat skor rata-rata 4,4 dengan prosentase sebesar 88,2% berkriteria sangat menarik dan angket respon siswa mendapat prosentase sebesar 81,2% dengan kriteria praktis.
Tidak tersedia versi lain