Text
Korelasi antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019
Prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilan atau kemampuan seseorang dalam menyelesaikan jenjang pendidikannya. Peran serta keluarga khususnya perhatian orang tua diperlukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar yang optimal, dengan perhatian orang tua anak merasa diarahkan, dibimbing dan diberikan pengajaran yang optimal. Guna menciptakan prestasi yang baik diperlukan pula model potensi diri berupa motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan dorongan individu dalam meningkatkan kemampuan diri untuk menyesuiakan diri terhadap situasi yang dihadapi. Dengan adanya perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa akan mampu untuk meningkatkan prestasi belajar. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, seberapa besar korelasi antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?, Kedua seberapa besar korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?, ketiga, seberapa besar korelasi antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi data seluruh siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot sebanyak 70 siswa, dan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara random sampling, instrumen yang digunakan adalah angket, teknis analisis yang digunakan adalah moment untuk mengetahui korelasi antara variabel X dan variabel Y, untuk mengetahui seberapa besar koreasi dan pengaruhnya antara variabel X, dan X, terhadap Y penulis menggunakan teknik regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Terdapat korelasi yang signifikan orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot sebesar 77,6%, b) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak Kelas XI di MA Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 85%, c) Terdapat korelasi yang signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 76,3%.
Tidak tersedia versi lain