Text
Pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI SMAN 7 Kota Kediri
Hasil Belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri peserta didik yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan ketrampilan. Data di lapangan menunjukkan bahwa 53% dari seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Kediri memiliki hasil belajar yang rendah. Peneliti berasumsı bahwa hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kebiasaan belajar dan gaya belajar peneliti tertarik untuk meneliti topik tersebut. Kebiasaan belajar adalah cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan. Sedangkan gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan seorang pembelajar dalam menangkap stimulus atau informasi cara mengingat, berfikir dan memecahkan masalah Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasıl belajar pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI SMAN 7 kota kediri. 2) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI SMAN 7 kota kediri. 3) Mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAl dan budi pekerti kelas XI SMAN 7 kota kediri.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Kediri. Sampel pada penelitian ini berjumlah 51 siswa dengan menggunakan simple random sampling dengan rumus yang dikemukakan oleh Slovin. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Kebiasaan Belajar berdasarkan teori Djaali, Gaya Belajar berdasarkan teori De Porter dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar memperoleh nilai koefisien korelasi (R)-0,158 dan koefisien determinasi R²-0,249 maka berpengaruh sebesar 2,49% dan sisanya yaitu 97,5% dipengaruhi faktor lain. 2) Ada pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar memperoleh nilai koefisien korelasi (R)-0,497 dan koefisien determinasi R² -0,247 maka berpengaruh sebesar 24,7% dan sisanya yaitu 75,3% faktor lain. 3) Ada pengaruh Kebiasaan Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar memperoleh nilai koefisien korelasi (R)-0,381 dan koefisien determinasi R²-0,145 maka berpengaruh sebesar 14,5% dan sisanya yaitu 85,5% dipengaruhi faktor lain.
Tidak tersedia versi lain