Text
Hubungan kompetensi kepribadian guru dan intensitsas mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan perilaku religius siswa kelas VIII MTsN 1 Nganjuk
Perilaku religius merupakan suatu dorongan individu yang berasal dari dalam berupa sikap yang kuat untuk memeluk dan menjalakan ajaran agama serta sebagai cerminan atas ketaatannya terhadap Tuhan. Seringnya orang mempelajari sikap dengan cara meniru sikap dan perilaku yang menjadi model. Factor yang mempengaruhi perilaku religius yaitu faktor dari dalam diri sendiri dan dari lingkungan. Faktor dalam diri sendiri yaitu pengalaman sesorang dalam beragama slaha sholat dhuha. Faktor lingkungan terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakatdan lingkungan sekolah. Oleh karena itu kepribadian seorang guru menjadi sangat penting dalam pembentukan perilaku religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada atau tidak hubungan kompetensi kepribadian guru dengan perilaku religious siswa, 2) ada atau tidak hubungan intensitas mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan perilaku religious siswa, 3) ada atau tidak hubungan antara kompetensi kepribadian guru dan intensitas mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan perilaku religious siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu korelasi ganda, dengan sampel sebanyak 146 siswa kelas VIII MTSN 1 Nganjuk dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 24 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang positif kompetensi kepribadian guru dengan perilaku religius siswa MTsN 1 Nganjuk dengan nilai korelasi 0.589, termasuk korelasi sedang karena koefisien korelasinya antara 0.400.600, 2) ada hubungan yang positif antara intensitas mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan perilaku religius siswa MTsN I Nganjuk dengan nilai korelasi 0.495, termasuk korelasi sedang koefisien korelasinya berkisar antara 0.40 0.600 3) ada hubungan yang positif antara kompetensi kepribadian guru dan intensitas mengikuti sholat dhuha berjamaah dengan perilaku religius siswa dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0.642, korelasi kuat karena koefisien berkisar antara 0.61 - 0.800.
Tidak tersedia versi lain