Text
Peranan orang tua siswa pada pembelajaran daring dalam era new normal (studi kasus di RT. 003 Dsn. Ngaglik Ds. Surat Kec. Mojo Kab. Kediri)
Di masa Era New Normal pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan menggunakan sistem daring (online) yang dilakukan siswa karena akibat dari Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Realitas menunjukkan bahwa dinamika pembelajaran di Indonesia saat ini terganggu oleh wabah Covid-19. Belajar di rumah menjadi upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dalam menerapkan sistem sekolah dari rumah, orang tua sangat berperan penting dalam proses belajar siswa selama sistem daring dalam pembelajaran dirumah sekarang ini.
Penelitian kualitiatif ditunjukkan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau prespektif partisipan. Orang yang diajak wawancara. observasi, memberikan data, pendapat, dan pemikiran serta presipnyalah yang disebut dengan partisipan. Jika di tinjau dari tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian studi kasus, dimana menggunakan desain penelitian yang berarti penelitian ini difokuskan pada suatu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam yang sesuai dengan maksud dari penelitian yaitu mengkaji fenomena pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak belajar dari rumah secara daring (dalam jaringan) serta peranan dari orang tau siswa dalam proses belajar anak-anaknya selama masa pandemi Covid-1
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perananan orang tua siswa pada pembelalajaran berbasis daring dalam era new normal atau masa pandemi ini. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara penilitian lapangan secara langsung di rumah. Strategi orang tua mengajar dan mendidik anaknya dalam pembelajaran dirumah masa pandemi covid-19 dengan mendampingi anak belajar di rumah dengan cara memahami gaya belajar anak dan menyiapkan lingkungan belajar anak yang nyaman sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.
Tidak tersedia versi lain