Text
Efektivitas dan efisiensi pembelajaran Metode Amtsilati di Pondok Pesantren HIdayatul Mubtadi'in Amtsilati Gurah
Sebuah lembaga pendidikan pastinya mempunyai tujuan yang baik yang dialokasikan kepada para peserta didiknya, pada saat pembelajarannya pasti para tenaga pendidiknya mengajarkan materi pembelajaranya dengan menggunakan metode yang cocok diterapkan kepada para peserta didik dengan efektiv dan efisien, setiap lembaga pendidikan atau bahkan para tenega pendidikan menerapkan metode pembejaran yang berbeda baik itu lembaga pendidikan formal atau non formal, dalam pembelajaran pastinya juga dibutuhkan alat pembantu dalam melakukan proses pembelajaran agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat megetahui 1). Perencanaan, 2) Pengorganisasian dan Pelaksanaan, dan 3) pengevaluasian Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Metode Amtsilati di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Amtsilati Gurah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif adalah data deskripstif dan jenis penelitian ini adalah studi khasus dimana data secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang diperoleh dari berbagai informan yang berkaitan dengan Manajemen Kurikulum dan Metode Pembejaran. Analisis data diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini bahwa Pondok Pesantren menjalankan kegiatan pembelajaran yang efektiv dan efisien, dengan berbagai strategi- strategi Pondok Pesantren serta memanfaatkan metode pembelajaran sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi pembelajaran. Manajemen Kurikulum tidak lepas dari fungsi manajemen dimana melaksanakan suatu kegiatan berdasarkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevalasian. Hasil yang dicapai pondok pesantren yaitu 1). Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan pondok pesantren dengan efektif dan efesien, 2) Meningkatnya animo masyarakat dalam belajar ilmu agama dan 3). Pemanfaatan metode pembelajaran yang ada guna mencapai target pembelajaran
Tidak tersedia versi lain