Text
Strategi manajemen humas dalam meningkatkan pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui media sosial
Humas bisa disebut dengan hubungan masyarakat merupakan sebuah bentuk kerjasama antara lembaga dengan masyarakat. Humas dalam lembaga sekolah sangatlah diperlukan karena tanpa adanya humas sekolah tidak bisa menjadikan pendidikan akan lebih maju, tujuan diadakannya humas karena lembaga sangat membutuhkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pendidikan. Sehingga fenomena tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat penelitian yang membahas tentang Strategi Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial. Pada fokus penelitian ini diharapkan megetahui 1) Perencanaan Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial, 2) Pelaksanaan Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial, dan 3) Pengevaluasian Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, hasil dari penelitian kualitatif adalah data deskripstif dan jenis penelitian ini adalah studi khasus dimana data diperoleh secara itensif dan terperinci. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Humas, dan Guru TI yang berkaitan dengan humas dan pemasaran. Analisis data diperoleh dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial dibagi menjadi 3 tahapan sebagai berikut; a) Perenan visi dan misi humas dalam kegiatan perencanaaan pemasaran, b) Perencanaan Humas dalam menentukan wilayah sasaran pemasaran, dan c) Strategi Manajemen Humas dalam meningkatkan pemasaran madrasah. Sedangkan Pelaksananaan Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial dibagi menjadi 3 tahapan sebagai berikut; a) Pengarahan dalam Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, b) Pelaksanaan kegiatan Pemasaran Madrasah, dan c) Pelaksanaan Koordinasi dalam kegiatan Pemasaran Madrasah. Sedangkan Pengevaluasian Manajemen Humas dalam meningkatkan Pemasaran di MAN 2 Kota Kediri melalui Media Sosial dibagi menjadi 3 tahapan sebagai a) Pengevaluasian Tahap Pemasaran Madrasah, b) Pengevaluasian Tahap Pelaksanaan Pemasaran Madrasah, dan c) Pengevaluasian Tahap Dampak atau Efek Pemasaran Madrasah
Tidak tersedia versi lain