Text
Manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu lulusan di SMAN 1 Plemahan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan zaman yang sangat pesat. Selain itu lemabaga pendidikan ditutut untuk menghasilkan output atau lulusan yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam mengatasi tuntutan untuk menhasilkan output yang bermutu tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen peserta didik dan meningkatkan kualitas sekolah. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui mengenai peserta didik dari
analisis kebutuhan peserta didik hingga kelulusan dan alumni Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan memuat gambaran yang sistematis dan faktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan manajemen peserta didik di Ssman 1 Plemahan dilakukan dengan baik. dalam analisis daya tampung sekolah mampu menampung 340 peserta didik, dalam proses rekruitmen peserta didik sekolah menganut pada juknis pusat dan perekruitan dilakukan secara online. Proses seleksi dilakukan dengan menganut pada juknis pusat provinsi jawa itmur yang sudah ada ketentuan bahwa terdapat 3 tahap yakni jalur afirmasi, prestasi nilai akademik dan zonasi. Pelasanaan orientasi atau MPLS secara daring dilakukan dalam 4 hari untuk pengenalan lingkungan sekolah. Penempatan peserta didik baru dalam penempatan program belajar sekolah melakukan test IQ, test penjurusan dan nilai dari asal sekolah. Pembinaan pengembangan peserta didik baru dilakuakn dengan memberikan pembinaan kedisiplinan dilihat dari tugas belajar yang teratur, ulanagn teratur menandakan bahwa peserta didik sudah ada kedisiplinana belajar. Kemudian utnuk pengembanagn, sekolaha mneydiakan berbagai macam ekstrakulikuler yang bisa diikuti peserta didik untuk mengembnagkan bakat. Dalam hal pencatatn dan pealporan, melakukan pencatatn dan pelaporan dilakukan satu tahun ajaran dengan menggunakna buku indik, klepper dan buku presensi. Unutk kelulusan dan alummni peserta didik dapat dikatakan lulus jika telahmenyelesaikan seluruh mata pelajaran, menyelesaikan administrasi dan dinyatkaan lulus dari ujian nasional dan pada alumni belum ada ikatan resmi anggota alumni sekolah.
Tidak tersedia versi lain