Text
Evaluasi proses dan persepsi pembelajaran matematika daring di SMP Negeri 2 Kepung di era New Normal
Pembelajaran daring merupakan solusi pembelajaran di era new normal pandemi Covid 19. Akan tetapi, tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran daring pasti banyak terdapat kesulitan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan persepsi pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Kepung Sampel yang dipilih 2 responden guru dan 3 responden siswa dengan menggunakan metode wawancara hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa mendapat dukungan yang baik dari berbagai pihak untuk tetap melaksanakan pembelajaran dalam jaringan. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat diintegrasikan melalui perangkat belajar berupa media. Media pembelajaran menjadi salah satu perangkat strategis yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada pembelajaran daring pada dasaranya adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pembelajaran jarak jauh merupakan metode pengajaran yang dilakukan dengan komunikasi jarak jauh antara dan peserta didik. Namun, mayoritas siswa mengalami kendala terkait signal selama pembelajaran, siswa tidak dapat memahami materi secara maksimal, beberapa siswa juga belum dapat menguasai aplikasi pembelajaran dengan baik sehingga akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Selain itu, siswa menyatakan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan guru dan lebih menyukai berdiskusi secara tatap muka serta siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi apabila hanya bersumber dari buku atau rangkuman dari guru. Tetapi dengan diperkenalkannya pembelajaran online, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pembelajaran online lebih hemat biaya dan hemat
Tidak tersedia versi lain