Text
Peran kepala sekolah dalam manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Kediri
Berbagai upaya sudah dilakukan oleh kepala sekolah dalam manajemen peserta didik, agar semua kegiatan yang berkaitan peserta didik di MTsN 2 Kota Kediri dapat terlaksana sesuai tujuan dan melalui segala hambatan yang ada. Pada fokus penelitian ini diharapkan dapat mengetahui 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3). Pembinaan, 4). Evaluasi Manajemen Peserta Didik di MTsN 2 Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observası partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus adalah analisis terhadap orang, kelompok, peristiwa, keputusan, periode, kebijakan, lembaga, atau sistem lam yang dipelajari secara holistik dengan satu atau lebih metode
Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan memuat gambaran yang sistematis dan faktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perencanaan manajemen peserta didik terdiri atas proses rekrutmen, seleksi, dan orientasi, 2). Pengorganisasian manajemen peserta didik terdiri atas pengelompokkan kelas peserta didik sesuai jenis kelamin atau akselerası, 3) Pembinaan manajemen peserta didik berkaitan dengan bimbingan akademik, bina prestasi, bina OSN, 4). Evaluasi manajemen berkaitan dengan proses evaluasi ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ujian madrasah
Tidak tersedia versi lain