Text
Manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri tahun pelajaran 2020-2021
Dalam rangka Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah serta meningkatkan mutu, daya saing dan relevansi lulusan MA Plus Keterampilan dengan Dunia Kerja (Dunia Usaha/Dunia Industri), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kediri ditetapkan sebagai Madrasah Aliyah Plus Keterampilan tahun 2020. Keterampilan yang diajarkan yaitu: 1)Multimedia; 2) Tata Busana; 3) Tehnik Elektronika. Berdasarkan Uraian tersebut peneliti mengadakan penelitian mengenai Manajemen keterampilan untuk meningkatkan life skill peserta di MAN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2020-2021 dengan focus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di 2 Kediri (3) Bagaimana pelaksanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? (4) pengawasan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai teknik analisis, peneliti menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan:1)Perencanaan manajemen keterampilan untuk pengembangan life skill peserta didik di MAN 2 Kediri, dilakukan beberapa tahapan yaitu: a) Perumusan tujuan; b) Menentukan ketua program; c) Menyusun silabus, d)Mempersiapkan sarana dan prasarana. 2)Tahap pengorganisasian beberapa langkah yaitu: a) Disusun kepengurusan program; b) Pembuatan angket untuk menjaring bakat minat siswa; c) Pengelompokan kelas ketrampilan. 3) Tahap pelaksanaan ada beberapa langkah yaitu: a) Membuat Jadwal Pelajaran; b)Penilaian pembelajaran. 4) Tahap pengawasan langkah yang dilakukan yaitu: a)Evaluasi interen program; b)Evaluasi dengan pengurus program; c)Evaluasi dengan stakeholder lembaga.
Tidak tersedia versi lain