Text
Pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian sepatu merek Connexion di Matahari Dept. Store Kota Kediri (studi pada mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016)
Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kelompok acuan. Kelompok acuan adalah semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung (tatap muka) terhadap sikap atau perilaku orang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui kelompok acuan pada mahasiswi terhadap keputusan pembelian sepatu merek Connexion di Matahari Dept. Store. Kedua, untuk mengetahui keputusan pembelian mahasiswi terhadap sepatu merek Connexion di Matahari Dept. Store Kota Kediri dan yang ketiga, untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian sepatu merek Connexion di Matahari Dept. Store Kota
Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif-kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Progam Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2016 yang memakai sepatu merek Connexion dengan jumlah 62 mahasiswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok acuan (X) dan keputusan pembelian (Y) mahasiswi Progam Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 terhadap sepatu merek Connexion masing-masing dalam kategori cukup, dan hubungan antara kelompok acuan (X) dengan keputusan pembelian (Y) adalah kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok acuan dengan keputusan pembelian sepatu merek Connexion pada mahasiswi Progam Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 dengan nilai kelompok acuan sebesar 45,6% sedangkan sisanya sebesar 54,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain