Text
Budidaya ikan menggunakan keramba dalam penerapan etika bisnis Islam (studi kasus di Desa Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupate Kediri)
Etika bisnis islam yaitu sebagai seperangkat nilai tentang baik, buruk. benar dan salah dalam kegiatan usaha. Di dalamnya terdapat seperangkat sikap dan aturan mengacu dan berpedoman pada kaidah-kaidah islam. Dengan kata lain menjalani bisnis sesuai dengan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Banyaknya keramba yang berada di sungai menyebabkan ekosistem sungai terganggu. Meskipun sudah mendapat peringatan dari pemerintah desa setempat. masyarakat tetap menggunakan keramba sebagai cara budidaya ikan. Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan bisnis islam pada budidaya ikan menggunakan keramba di Desa Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kedir Kediri? (2) Apasajakah faktor- yang mempengaruhi penerapan etika bisnis islam?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif atau berupa ucapan tulisan dan perilaku yan dapat diamati dari subjek itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang diperoleh dengan cara observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam etika bisnis Islam pada budidaya ikan menggunakan keramba di Desa Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri dapat dilihat berdasarkan prinsip-prinsip berikut ini: (1)Prinsip Kesatuan, dimana pembudidaya tidak mendeskriminasi pembeli; (2)Prinsip Keseimbangan, yakni pembudidaya tidak mengurangi timbangan, menjaga kerukunan sesama pembudidaya, dan menjaga ekosistem sungai; (3) Kehendak bebas, pemasangan keramba di tepi sungai tidak menghalangi aliran sungai sepenuhnya; (4) Tanggungjawab, menjaga lingkungan sungai dengan membersihkan sampah yang ada di sungai; (5) Kebenaran, transaksi penjualan ikan kepada pembeli dilakukan dengan jujur dan transaparan. Sementara itu, faktor yang mempengaruhi penerapan etika bisnis islam diantaranya: (1) faktor internal, meliputi kondisi ekonomi dan pengetahuan; (2) faktor eksternal, meliputi kondisi lingkungan dan pengaruh teman.
Tidak tersedia versi lain