Text
Pengaruh kepercayaan (trust) terhadap loyalitas pelanggan pusat oleh-oleh GTT (Gudang Tahu Takwa) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri
Kepercayaan (trust) adalah keinginan satu pihak untuk mendapatkan perlakuan dari pihak lainnya dengan harapan bahwa pihak lainnya akan melakukan tindakan penting untuk harapan tersebut, terlepas dari kemampuannya untuk memonitor atau mengontrol pihak lain. Sedangkan loyalitas pelanggan merupakan wujud perilaku pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang jasa suatu perusahaan yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan (trust) dan mengetahui loyalitas pelanggan pusat oleh-oleh GTT (Gudange Tahu Takwa) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh kepercayaan (trust) terhadap loyalitas pelanggan pusat oleh-oleh GTT (Gudange Tahu Takwa) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang dimaksudkan untuk mencari hubungan atau pengaruh satu variabel atau lebih variabel independen dengan satu atau lebih variabel dependen. Jumlah sampel pada penelitian ini, yaitu 41 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (trust) (X) dan loyalitas pelanggan (Y) masing-masing termasuk dalam kategori cukup. hubungan kepercayaan (trust) terhadap loyalitas pelanggan pusat oleh-oleh GTT (Gudange Tahu Takwa) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri adalah sangat kuat, hasil ini berdasarkan korelasi pearson product moment diperoleh hasil sebesar 0,742 terletak di antara nilai 0,70-1,000. Analisis uji t menunjukkan bahwa taitung > tabel atau 6,911 2,02269 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kepercayaan (trust) terhadap variabel loyalitas pelanggan pusat oleh-oleh GTT (Gudange Tahu Takwa) Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Analisis uji determinasi (R²) menunjukkan bahwa besarnya nilai R square sebesar 0,551 artinya besarnya pengaruh variabel kepercayaan (trust) terhadap loyalitas pelanggan sebesar 55,1% sedangkan sisanya (44,9%) dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu faktor kepuasan, ikatan emosi, kemudahan, dan pengalaman dengan perusahaan.
Tidak tersedia versi lain