Text
Strategi promosi produk simpanan Wadiah Yad-Dhamanah dalam meningkatkan jumlah anggota dalam perspektif marketing syariah (studi kasus KSP Al-'Ula Mitra Sejahtera di Desa Nglawak Kertosono)
Koperasi simpan pinjam dalam menjalankan fungsinya yang salah satunya lembaga penghimpun dana memerlukan kegiatan pemasaran dengan strategi promosi yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian dalam berjalannya kegiatan usaha. Dengan adanya promosi koperasi dapat mempertahankan anggota yang lama atau menarik anggota yang baru serta promosi juga berfungsi untuk meningkatkan citra lembaga keuangan di mata para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk strategi marketing produk simpanan wadiah yad- dhamanah dan untuk mengetahui strategi promosi produk simpanan wadiah yad- dhamanah untuk meningkatkan jumlah anggota dalam perspektif marketing syariah pada koperasi simpan pinjam Al-'Ula Mitra Sejahtera.
Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Al-'Ula Mitra Sejahtera di desa Nglawak, Kertosono, Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koperasi simpan pinjam Al-'Ula Sejahtera melakukan strategi marketing dengan menerapkan strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar dengan memanfaatkan kegiatan promosi secara intensif dan pemasaran dari mulut ke mulut (the world of mouth) untuk menyebarkan informasi positif dan koperasi melakukan perluasan pangsa pasarnya namun, koperasi belum melakukan inovasi terhadap produk yang tersedia. Dan strategi promosi yang dilakukan koperasi simpan pinjam Al-'Ula Mitra Sejahtera untuk meningkatkan jumlah anggota menerapkan bauran promosi yang terdiri dari periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling). promosi penjualan (salles promotion), publisitas atau hubungan masyarakat (public relationship). Bauran promosi yang diterapkan koperasi simpan pinjam Al-'Ula Mitra Sejahtera telah sesuai dengan karakteristik marketing syariah yang terdiri dari teistis (rabbaniyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqiyyah) dan Humanistis (insaniyyah).
Tidak tersedia versi lain