Text
Hubungan persepsi citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen sepatu converse (studi pada mahasiswa UNISKA)
Kemajuan teknologi berdampak pada pertumbuhan modernisasi. Maka pebisnis harus menciptakan beragam kreativitas yang inovatif agar pelanggan tetap setia. Loyalitas konsumen sendiri tidak lepas dari persepsi citra merek. Fenomena tersebut bisa dilihat pada persaingan merek melalui produk sepatu Converse, terutama bagi dewasa awal yang menyandang status mahasiswa. Mahasiswa mengikuti trend di lingkungan kampusnya, pola pikir dibenak mahasiswa menciptakan persepsi citra merek produk yang nantinya menciptakan loyalitas konsumen produk merek tersebut. Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui tingkat persepsi citra merek dalam pembelian produk sepatu Converse pada mahasiswa UNISKA Jurusan Manajemen Semester 7, (2) untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen dalam pembelian produk sepatu Converse pada mahasiswa UNISKA Jurusan Manajemen Semester 7, (3) untuk mengetahui hubungan persepsi citra merek terhadap loyalitas konsumen sepatu Converse pada mahasiswa UNISKA Jurusan
Manajemen Semester 7. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang mempunyai sifat non eksperimental. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 mahasiswa UNISKA Jurusan Manajemen Semester 7 pengguna sepatu Converse. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis berupa analisis statistik deskriptif dan analisis teknik inferensial untuk mengkaji variabel penelitian. Keakuratan dan kemudahan pengolahan data dalam analisis penelitian ini dilakukan menggunakan program komputer SPSS for Windows Evaluationversion 16.0.
Hasil penelitian menunjukan Persepsi Citra Merek (X) pengguna sepatu Converse mahasiswa Manajemen UNISKA Semester 7 pada kategori tinggi dengan frekuensi 15 responden atau 35% persentase dari seluruh jumlah responden. Loyalitas Konsumen (Y) pengguna sepatu Converse mahasiswa Manajemen UNISKA Semester 7 pada kategori sedang dengan frekuensi 20 responden atau 47% persentase dari seluruh jumlah responden. Hasil analisis menunjukan hipotesis yang diajukan peneliti diterima yakni Ha diterima dan Ho ditolak, arah hubungannya berhubungan positif sangat kuat; artinya semakin tinggi persepsi citra merek maka semakin tinggi pula loyalitas konsumen.
Tidak tersedia versi lain